A. TUJUAN UMUM
Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan nilai serta sikap yang terintegrasi dan kecakapan kerja dalam bidang Perhotelan dengan memenuhi tuntutan dunia kerja masa sekarang dan masa yang akan datang dengan landasan Profil Pelajar Pancasila.
B.TUJUAN KHUSUS
- Menghasilkan Lulusan Yang Memiliki kualifikasi dan komtensi sebagai calon tenaga kerja yang unggul dalam bidang Jasa Perhotelan dan memiliki daya saing di era global sehingga mampu terserap di dunia kerja dan membantu program pemerintah untuk mengurangi pengangguran serta mampu bersaing dalam mendapatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti:
- Associate Degree ( Diploma)
- Bachelor Degree (Sarjana/S1)
- Mengembangkan kegiatan penelitian terapan di bidang perhotelan yang bermanfaat bagi pengembangan kualitas dan peningkatan kesejahteraan
- Memanfaatkan kemajuan ilmu dan teknologi guna meningkatkan kualitas program dan jasa
- Membina dan mengembangkan sumber daya manusia yang mampu memberikan pelayanan yang memuaskan baik pelanggan internal dan
- Mempersiapkan lulusan dengan keterampilan dalam bidang perhotelan untuk menghasilkan tamatan yang cerdas,trampil dan kompetitif dalam bursa kerja dalam negeri dan luar negeri.
- Mempersiapkan lulusan dalam melaksanakan pekerjaan di lingkup Front Office sebagai Reception, Reservation,Telephone Operator dan
- Mempersiapkan lulusan dalam melaksanakan pekerjaan di Lingkup House Keeping sebagai Public Area Attendent, Room attendant, Order Taker, Linen dan Uniform Attendent dan Laundry
- Menghasilkan lulusan yang dapat memahami proses bisnis industry
- Menghasilkan lulusan yang mampu memahami perkembangan penerapan teknologi dan isu-isu global terkait dunia pariwisata dan
- Memahami Tahapan Operasional Perhotelan secara menyeluruh dan memberikan pelayanan prima (Excellent Service)
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi wirausaha (Enterpreneurship)
Nilai-nilai : Taqwa – Disiplin – Jujur – Kreatif – Inovatif – Mandiri
Target:
SMK Negeri 1 Sidikalang mempunyai target dan goal kepada para lulusan untuk siap menghadapi tuntutan zaman baik yang meneruskan ke perguruan tinggi (kuliah), bekerja di berbagai bidang sesuai kebutuhan, memiliki karakter, dan mampu menciptakan pekerjaan sendiri sesuai dengan keahlian masing-masing (wirausaha).
Target Program Keahlian Perhotelan yang harus di miliki :
- Menjadi Jurusan yang dapat menciptakan peserta didik atau lulusan yang memiliki karakter Profil Pelajar Pancasila
- Menjadi Jurusan yang dapat menciptakan lulusan atau peserta didik yang memiliki kemampuan dalam pembersihan lokasi / area dan peralatan
- Menjadi Jurusan yg dapat menciptakan Peserta didik atau lulusan yang memiliki kemampuan untuk menyiapkan kamar hotel untuk tamu
- Menjadi Jurusan yang dapat menciptakan peserta didik atau lulusan yang memiliki kemampuan untuk menangani linen dan pakaian tamu
- Menjadi Jurusan yang dapat menciptakan peserta didik atau lulusan yang memiliki kemampuan untuk menyediakan layanan jasa porter
- Menjadi Jurusan yang dapat menciptakan peserta didik atau lulusan yang memiliki kemampuan untuk menerima dan memproses reservasi kamar hotel
- Menjadi Jurusan yang dapat menciptakan peserta didik atau lulusan yang memiliki kemampuan untuk penyediaan layanan akomodasi reception
- Menajadi Jurusan yang dapat peserta didik baru atau lulusan yang memiliki kemampuan untuk berwirausaha di b idang pelayanan pariwisata
BUDAYA KERJA HARIAN
- T : Minimal satu pekerjaan tuntas setiap hari
- K : Minimal dua Kebaikan setiap hari
- S : Senyum,Sapa,Salam
- M : Hadir empat menit sebelum kegiatan dimulai
- R : Ringkas,Rapi,Resik,Rawat, dan Rajin /Seiri.Seiton,Seiso,Seiketsu,Shitsuke.
KARAKTER BUDAYA KERJA
Nilai Utama Karakter Yang harus dimiliki Peserta Didik Perhotelan
- Religiusitas
- Nasionalis
- Kemandirian
- Gotong royong
- Integritas
- KARAKTER KERJA PADA DIDUKA YANG PERLU DITANAMKAN PADA PESERTA DIDIK DI PROGRAM KEAHLIAN PERHOTELAN
- JUJUR
- DISIPLIN
- KERJA KERAS
- TANGGUNG JAWAB
- BERJIWA WIRAUSAHA
PENERAPAN BUDAYA KERJA PESERTA DIDIK PROGRAM KEAHLIAN PERHOTELAN
I PENAMPILAN
- Rambut ditata dengan
- Laki laki : rambut pendek
- Perempuan : rambut digulung
- Menggunakan make up sederhana (perempuan)
- Menggunakan sepatu pantofel hitam
- Menggunakan stoking hitam (perempuan)
- Memadukan Etnik Budaya pada Pakaian Jurusan
II DISIPLIN
- Datang tepat waktu
- Bekerja tepat waktu
- Pemberian Tugas-tugas dengan tepat waktu
- Taat dan patuh pada aturan yang ditentukan bersama
- No procrasstiation
III KOMUNIKATIF
- Melakukan tegur sapa dilingkungan sekolah
- Melakukan English Day setiap hari Sabtu
- Santun dalam berbicara dan menggunakan tata bahasa
- Ramah tamah
IV JUJUR
- Jujur dalam memberikan informasi yang benar
- Berkata dengan sebenar-benarnya dan tidak berdusta / berbohong
V BERTANGGUNG JAWAB
- Melayani tamu dengan baik/pelanggan
- Kecekatan dan ketelitian melayani tamu/pelanggan
- Sikap menerima tugas dengan segala konsekuensi dan tuntas dalam menerapkan 5S/5R
VI BERJIWA WIRAUSAHA
- Menghasilkan produk produk
- Kreatif
KOMPETENSI YANG DI DAPATKAN OLEH PROGRAM KEAHLIAN PERHOTELAN
1.FRONT OFFICE
Front Office merupakan departemen yang ada pada suatu hotel yen bertugas untuk menangani reservasi/ pemesanan kamar, menangani kedatangan (check in) dan keberangkatan tamu (check out), memberikan informasi kepada tamu dan menangani barang bawaan tamu ketika akan check in, saat berada di hotel dan saat check out.
- Kompetensi yang didapatkan siswa dari Mata Pelajaran Front Office adalah:
- Menangani proses reservasi (pemesanan kamar) baik melalui Telepon, Walk In, Facsimile, Travel Agent, & Email.
- Menangani tamu yang check in dan check out serta menangani barang bawaan tamu
- Telepon Operator yang didalamnya terdapat aturan dalam bertelepon (Telephone Courtesy)
- Surat menyurat meliputi Confirmation Letter, Agreement Letter, Cancelation Letter & Etc
2. HOUSEKEEPING
Housekeeping merupakan salah satu departemen yang ada di hotel yang bertugas menangani kebersihan kamar hotel, public area dan area sekitar hotel termasuk taman yang ada di hotel
- Kompetensi yang akan didapatkan peserta didik dari Mata pelajaran Housekeeping adalah:
- Membersihkan kamar hotel yang termasuk di dalamnya making bed, dan teknik membersihkan kamar dengan benar
- Laundry ( layanan mencuci pakaian tamu di hotel)
- Vallet Parking
- Public Area (membersihkan area publik yang ada di hotel seperti lobby, garden dan pool)
- Handling Bunquet
- Dalam Mata Pelajaran Housekeeping terdapat 5 unsur pokok:
- Membersihkan lokasi area san peralatan
- Menyiapkan kamar untuk tamu
- Laundry
- Vallet parking
- Handling Bunque
- PROSPEK KERJA LULUSAN PERHOTELAN
- Room Attendant
- Bellboy/Porter
- Receptionist
- Telephone Operator
- Reservation Staff
- Public Area Attendant
- Restaurant Service
- Usaha Pelayanan Laundry
- Usaha Pelayanan Cleaning Service
STRUKTUR ORGANISASI
KEPALA PROGRAM : HANNA M.HARIANJA ,S.Pd
- X PHT 1 : JP
- X PHT 2 : FN
- XI PHT 1 : FT
- XI PHT 2 : HD
- XII PHT 1 : ISU
- XII PHT 2 : BS
1.Penetapan Konsentrasi
SMK Negeri 1 Sidikalang membuka 4 konsentrasi pada Program keahlian Perhotelan, diantaranya
(1) Front Office
(2) Housekeeping,
(3) Laundry
(4) Food and Beverage.
Penerapan ini dilakukan mengingat zaman sudah banyak mengalami perubahan dan pembaharuan. Program Merdeka Belajar yang diluncurkan oleh Kementerian Pendikan Nasional menuntut sekolah untuk melakukan perubahan, terobosan dan inovasi dalam pengorganisasian pelaksanaan pembelajaran agar dapat menciptakan peserta didik dan lulusan yang kompeten di bidangnya.Pemilihan konsentrasi didasarkan pada minat dan bakat atau passion peserta didik, setelah memiliki pengalaman belajar pada fase E (kelas X), sehingga peserta didik diharapkan benar-benar telah memahami secara mendalam ruang lingkup masing-masing konsentrasi yang akan dipilihnya.Sekolah melalui wali kelas, Guru produktif, dan Guru BK dapat memberikan saran kepada peserta didik atas pilihannya, berdasarkan dari pengamatan terhadap portofolio peserta didik selama mengikuti pembelajaran pada fase E (kelas X).Seluruh mata pelajaran yang ditawarkan dalam konsentrasi dikemas dalam bentuk Capaian Pembelajaran (CP) yang disusun oleh guru produktif. CP diterjemahkan ke dalam Alur Tujuan Pembelajaran, kemudia dituangkan dalam modul ajar. Capaian hasil pembelajaran dapat berupa portofolio sebagai bentuk dari assessmen.
2.Struktur Kurikulum Konsentrasi
MATA PELAJARAN | KELAS
X XI |
||||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti: | 3 | 3 | 3 | – |
2 | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | – |
3 | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 3 | – |
4 | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 3 | 3 | 2 | – |
5 | Sejarah | 2 | 2 | 2 | – |
6 | Seni | 2 | 2 | – | – |
Jumlah A | 16 | 16 | 12 | 12 |
1 | Matematika | 4 | 4 | 3 | 3 |
2 | Bahasa Inggris | 4 | 4 | 4 | 4 |
3 | Informatika | 4 | 4 | – | – |
4 | Proyek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial | 6 | 6 | – | – |
5 | Kejuruan | – | – | 18 | 18 |
a. Dasar-dasar Perhotelan | 12 | 12 | – | – | |
b. Front Office | – | – | 5 | 5 | |
c. Housekeeping | – | – | 6 | 6 | |
d. Laundry | – | – | 3 | 3 | |
e. Food and Beverage | – | – | 4 | 4 | |
6 | Proyek Kreatif dan Kewirausahaan | – | – | 5 | 5 |
7 | Praktik Kerja Lapangan | – | – | – | 44 |
8 | Mata Pelajaran Pilihan | – | – | – | |
Muatan Lokal | (2) | (2) | (2) | (2) | |
Jumlah B | 30 | 30 | 34 | 34 | |
Total | 46 | 46 | 46 | 46 |