PROGRAM KERJA SMK NEGERI 1 SIDIKALANG
A.Peraturan Akademik
Secara ringkas, peraturan akademik SMK Negeri 1 dijabarkan sebagai berikut.
1.Sistem Penilaian
Sistem penilaian dilakukan dengan memadukan asesmen formatif dan asesmen sumatif, namun dalam pelaksanaannya bobot nilai untuk asesmen formatif lebih besar dari pada asesmen sumatif.
Penugasan Project Based Learning, Problem based Learning, inquiri,
- Contextual based Learning
- Penugasan Portofolio
- Penugasan Praktik Kelompok
- Penugasan Individu
- Uji Kompetensi
B.Penilaian Kenaikan Kelas
- Peserta didik dinyatakan naik kelas setelah menyelesaikan beberapa kegiatan di bawah ini yang berhubungan dengan akademik.
- Menyelesaikan seluruh program pembelajaran pada semester 1 dan semester
- Memperoleh nilai untuk mata pelajaran umum minimal 70,00 dan mata pelajaran kejuruan minimal 75,00
- Memiliki persentase kehadiran di sekolah sebesar 90% dari hari efektif KBM (berlaku untuk Luring), namun karena pada masa pembelajaran jarak jauh maka point ini hanya dijadikan sebagai pertimbangan
- 10% ketidakhadiran meliputi: Izin, Sakit, Skorsing dan alpha (alpha maksimal 5 hari dalam satu semester, berlaku untuk luring)
- Keterlambatan maksimal 10 menit, jika lewat waktu yang ditentukan siswa dianggap Alpa (pembelajaran tatap muka di sekolah), namun karena pada masa pembelajaran jarak jauh maka point ini hanya dijadikan sebagai pertimbangan (fleksibel)
- Siswa tuntas menyelesaikan PTS dan PAS di semester 1 dan semester 2
- Nilai rapor diperoleh dari 50% nilai harian (UH, Tugas, dan praktik), 20%PTS, dan 30% PAS
C.Syarat Kelulusan
- Menyelesaikan seluruh program
- Memiliki persentase kehadiran di sekolah sebesar 90% di kelas XII (laporan wali kelas)
- Persentase keaktifan peserta didik di google classroom (pembelajaran daring) 70 % (Laporan Guru Mata pelajaran)
- Memperoleh nilai baik pada penilaian akhir seluruh mata pelajaran, dengan nilai sikap minimal 80,00.
- Nilai Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, dan Bahasa Indonesia tidak di bawah KKM
- Mengikuti dan dinyatakan lulus Ujian Sekolah, baik Praktik maupun
- Memiliki seluruh nilai rapor dari semester I-VI, dengan nilai rata- rata Raport semester I-VI minimal nilai KKM setiap mapel
- Memiliki nilai Ujian Sekolah minimal 75 pada tiap mata pelajaran
- Nilai Mata Pelajaran Kelompok kejuruan tidak di bawah KKM (75).
- Mengikuti Uji Kompetensi Keahlian dan dinyatakan LULUS dan
D.Pengelolaan Pembelajaran
- Pola Pembelajaran
Pola pembelajaran SMK Negeri 1 Sidikalang pada masa pandemi covid-19 jauh berbeda dengan pembelajaran biasa dilakukan.
Pembelajaran sebelum Covid | Pembelajaran pada saat Covid |
Tatap muka di kelas |
Pembelajaran online (Google Classroom, virtual meeting
and conference) baik sinkronus dan asinkronus |
Sistem biasa |
Sistem Blok :
Senin – Jumat : Mata Pelajaran umum dan kejuruan Sabtu : Khusus Pendidikan Penguatan Profil Pelajar Pancasila |
Pembelajaran dilaksanakan pukul
07.30 – 14.00 wib |
Pembelajaran dilaksanakan pukul
07.30 – 12.00 wib |
1 JP = 45 Menit | 1 JP = 30 Menit |
Istirahat 2 kali
Jam ke 3 yaitu 09.45 – 10.00 Jam ke 8 yaitu 11.45 – 12.00 |
Tidak ada istirahat |
Belum ada Pendidikan penguatan Profil Pelajar Pancasila |
Pendidikan Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema :
● Suara Demokrasi ● Perubahan Iklim global ● Bangunlah Jiwa dan Raganya ● Bhineka Tunggal Ika ● Kearifan Lokal ● Kewirausahaan ● Kebekerjaan |
2. Tagihan Pembelajaran
Tagihan pembelajaran merupakan bahan yang digunakan untuk mengukur perkembangan, pencapaian, dan kemampuan (kompetensi) dalam pembelajaran siswa. Tagihan pembelajaran yang harus dituntaskan siswa, diantaranya.
Penilaian Harian, meliputi :
- Kehadiran
- Ulangan Harian pada tiap berakhirnya 1 elemen pada CP yang sudah ditetapkan
- Tes tertulis (Multiple Choice, Essay, dan Sejenisnya) atau Tes Lisan
- Penugasan/Portofolio
- Penilaian Tengah Semester (PTS)
- Penilaian Akhir Semester (PAS)
- Rapor akan dibagikan satu minggu setelah ujian berakhir (tentatif)
1.Media Pembelajaran (Hybrid Learning)
Pembelajaran berbasis Hybrid Learning Model pada prinsipnya adalah memanfaatkan kekuatan pembelajaran sinkronus dan asinkronus. Media pembelajaran yang saat ini digunakan SMK Negeri 1 Sidikalang sebagai berikut.
- Google Classroom yang dikelola oleh wali kelas masing-masing Google Cassroom merupakan platform gratis berbasis web yang dibuat untuk mempermudah kegiatan pembelajaran pendidik dan peserta didik yang memuat: CP, Modul, Bahan Ajar, Topik Diskusi, Nilai, Link Tatap Muka Virtual
- Video Pembelajaran dirancang secara sistematis dengan berpedoman kepada kurikulum sebagai media penyampaian materi dari guru kepada siswa. Video pembelajaran dapat diakses melalui youtube.Contoh :https://youtube.com/channel/UCfnsJssZizGJ_eDW-AHgSDw Link Youtube https://www.facebook.com/groups/512322469882672/?ref=share grup belajar Matematika di facebook
- Pengelolaan link and super match
- Kurikulum disusun oleh sekolah dan berstandar
- Melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi, saat ini kerjasama sudah terjalin dengan Politeknik Negeri
- Mengundang Orang Industri untuk hadir memberikan materi kepada siswa sebagai teacher guest
- Kerjasama OJT/Magang/praktik kerja lapangan (PKL) minimal satu semester;
- Sertifikasi kompetensi yang sesuai standar dan kebutuhan DUDIKA, baik bagi lulusan maupun guru;
- Guru secara rutin mendapatkan update teknologi dan pelatihan dari DUDIKA untuk proses belajar mengajar;
E.Kalender Pendidikan
KALENDER PENDIDIKAN SMK NEGERI 1 SIDIKALANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023
STRUKTUR KURIKULUM SMK PUSAT KEUNGGULAN
No. | Bidang Keahlian | Program Keahlian | |
1. | Teknologi Konstruksi dan Properti | 1.1 Teknik Perawatan Gedung | |
1.2 Konstruksi dan Perawatan Bangunan Sipil | |||
1.3 Teknik Konstruksi dan Perumahan | |||
1.4 Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan | |||
1.5 Teknik Furnitur | |||
2. | Teknologi Manufaktur dan Rekayasa | 2.1 Teknik Mesin | |
2.2 Teknik Otomotif | |||
2.3 Teknik Pengelasan dan Fabrikasi Logam | |||
2.4 Teknik Logistik | |||
2.5 Teknik Elektronika | |||
2.6 Teknik Pesawat Udara | |||
2.7 Teknik Konstruksi Kapal | |||
2.8 Kimia Analisis | |||
2.9 Teknik Kimia Industri | |||
2.10 Teknik Tekstil | |||
3. | Energi dan Pertambangan | 3.1 Teknik Ketenagalistrikan | |
3.2 Teknik Energi Terbarukan | |||
3.3 Teknik Geospasial | |||
3.4 Teknik Geologi Pertambangan | |||
3.5 Teknik Perminyakan | |||
4. | TeknologiInformasi | 4.1 Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim | |
4.2 Teknik Jaringan Komputer danTelekomunikasi |
No. | Bidang Keahlian | Program Keahlian |
5. | Kesehatan dan Pekerjaan Sosial | 5.1 Layanan Kesehatan |
5.2 Teknik Laboratorium Medik | ||
5.3 Teknologi Farmasi | ||
5.4 Pekerjaan Sosial | ||
6. | Agribisnis dan Agriteknologi | 6.1 Agribisnis Tanaman |
6.2 Agribisnis Ternak | ||
6.3 Agribisnis Perikanan | ||
6.4 Usaha Pertanian Terpadu | ||
6.5 Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian | ||
6.6 Kehutanan | ||
7. | Kemaritiman | 7.1 Teknika Kapal Penangkapan Ikan |
7.2 Nautika Kapal Penangkapan Ikan | ||
7.3 Teknika Kapal Niaga | ||
7.4 Nautika Kapal Niaga | ||
8. | Bisnis dan Manajemen | 8.1 Pemasaran |
8.2 Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis | ||
8.3 Akuntansi dan Keuangan Lembaga | ||
9. | Pariwisata | 9.1 Usaha Layanan Pariwisata |
9.2 Perhotelan | ||
9.3 Kuliner | ||
9.4 Kecantikan dan Spa | ||
10. | Seni dan Ekonomi Kreatif | 10.1 Seni Rupa |
10.2 Desain Komunikasi Visual | ||
10.3 Desain dan Produksi Kriya | ||
10.4 Seni Pertunjukan | ||
10.5 Broadcasting dan Perfilman | ||
10.6 Animasi | ||
10.7 Busana |
Struktur kurikulum SMK/MAK terbagi menjadi 2 (dua), yaitu:
Pembelajaran intrakurikuler; dan Projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dialokasikan sekitar 30% (tiga puluh persen) total JP per
Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, baik secara muatan maupun secara waktu pelaksanaan. Secara muatan, projek profil harus mengacu pada capaian profil pelajar Pancasila sesuai dengan fase peserta didik, dan tidak harus dikaitkan dengan capaian pembelajaran padamata pelajaran. Secara pengelolaan waktu pelaksanaan, projek dapat dilaksanakan dengan menjumlah alokasi jam pelajaran projek dari semua mata pelajaran dan jumlah total waktu pelaksanaan masing-masing projek tidak harus sama.
Struktur Kurikulum kelas X SMK/MAK
(Asumsi 1 tahun = 36 minggu, dan 1 JP = 45 menit)
Mata Pelajaran |
Alokasi Intrakurikuler Per Tahun |
Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila Per Tahun |
Total JP Per Tahun |
|
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum: | ||||
1. | Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* | 90 | 18 | 108 |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* | 90 | 18 | 108 | |
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* | 90 | 18 | 108 | |
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* | 90 | 18 | 108 | |
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* | 90 | 18 | 108 | |
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti* | 90 | 18 | 108 | |
2. | Pendidikan Pancasila | 54 | 18 | 72 |
3. | Bahasa Indonesia | 108 | 36 | 144 |
4. | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 90 | 18 | 108 |
5. | Sejarah | 54 | 18 | 72 |
6. | Seni Budaya**:
1. Seni Musik 2. Seni Rupa 3. Seni Teater 4. Seni Tari |
54 |
18 |
72 |
7. | Muatan Lokal*** | 72 | – | 72 |
Jumlah JP Mata Pelajaran Umum (A): | 450 | 126 | 576 | |
B. Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan: | ||||
1. | Matematika | 108 | 36 | 144 |
2. | Bahasa Inggris | 108 | 36 | 144 |
3. | Informatika | 108 | 36 | 144 |
4. | Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial**** | 162 | 54 | 216 |
5. | Dasar-dasar Program Keahlian | 432 | – | 432 |
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (B): | 918 | 162 | 1.080 | |
Total***** | 1.368 | 288 | 1.656 |
Keterangan:
* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, dan/atau Seni Tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, atauSeni Tari).
*** Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun.
**** Proporsi JP antara aspek Ilmu Pengetahuan Alam dan aspek Ilmu Pengetahuan Sosial disesuaikan dengan kebutuhan Program Keahlian.
***** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan
|
Struktur Kurikulum kelas XI SMK/MAK
(Asumsi 1 tahun = 36 minggu, dan 1 JP = 45 menit)
Mata Pelajaran |
Alokasi Intrakurikuler Per Tahun |
Alokasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Per
Tahun |
Total JP Per Tahun |
|
A. Kelompok Mata Pelajaran Umum: | ||||
1. | Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* | 90 | 18 | 108 |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* | 90 | 18 | 108 | |
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* | 90 | 18 | 108 | |
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* | 90 | 18 | 108 | |
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* | 90 | 18 | 108 | |
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti* | 90 | 18 | 108 | |
2. | Pendidikan Pancasila | 54 | 18 | 72 |
3. | Bahasa Indonesia | 90 | 18 | 108 |
4. | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 54 | 18 | 72 |
5. | Sejarah | 54 | 18 | 72 |
6. | Muatan Lokal** | 72 | – | 72 |
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Umum (A): | 342 | 90 | 432 | |
B. Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan: |
1. | Matematika | 90 | 18 | 108 |
2. | Bahasa Inggris | 108 | 36 | 144 |
3. | Mata Pelajaran [Konsentrasi Keahlian]*** | 648 | – | 648 |
4. | Projek Kreatif dan Kewirausahaan | 180 | – | 180 |
5. | Mata Pelajaran Pilihan**** | 144 | – | 144 |
Jumlah Kelompok Mata Pelajaran Kejuruan (B): | 1.170 | 54 | 1.224 | |
Total***** | 1.512 | 144 | 1.656 |
|
Keterangan:
* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing- masing.
** Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua)JP per tahun.
*** Nama mata pelajaran merupakan nama Konsentrasi Keahlian.
**** Nama mata pelajaran merupakan mata pelajaran yang dipiliholeh peserta didik.
***** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.