STRUKTUR AKUNTANSI KEUANGAN DAN LEMBAGA
GURU PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI
- JORE RISMOYANA SINAMO, S.Pd
- JETOR NAHAMPUN
- MAROLOB SIMBOLON
- RATNAYANTI BANUREA, S.Pd
- NURAINI, S.Pd
- MARIA SIHOMBING, S.Pd
- TENSIX BUTAR BUTAR, S.Pd
- TIURMA E MARPAUNG, S.Pd
- TIARNA R NAPITUPULU, S.Pd
Tujuan Program Keahlian
Tujuan yang akan menjadi landasan untuk mencapai profil kompetensi lulusan program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga melalui pengembangan kompetensi bersama DUDIKA. Tujuan Akuntansi dan Keuangan Lembaga dapat dijabarkan sebagai berikut:
- Menghasilkan lulusan yang dapat diserap di dunia kerja dunia usaha dan wirausaha, melalui penyelarasan kurikulum pendidikan vokasi,yang diharapkan menjadi pusat peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK yang Lain
- Menghasilkan Lulusan yang memiliki sikap Profesional dan Kepribadian yang Bertanggung jawab
- Menghasilkan lulusan yang siap kerja dan mengikuti perkembangan zaman
- Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan , keterampilan serta mampu memahami tahapan operasional pembukuan akuntansi.
- Membekali peserta didik dalam ilmu pengetahuan ,teknologi,dan wawasan etreupreneur agar mampu mengembangkan diri dikemudian hari baik secara mandiri maupun melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan
- Mempersiapkan peserta didik siap kerja di dunia usaha maupun dunia industry
- Berperilaku secara organisasi serta berinteraksi satu sama lain dalam memecahkan masalah
- Menerapkan terhadap peserta didik tentang pembukuan keuangan baik untuk perusahaan jasa, perusahaan dagang dan manufaktur.
- Menerapkan pembelajaran akuntansi yang terdiri dari pembelajaran manual dan mengaplikasikan komputer akuntansi (MYOB)
- Menerapkan kemampuan terhadap peserta didik dalam hal berhitung yang akan terjun ke dunia usaha baik itu menjadi kasir juga menjadi teller di bank dan mampu mengelola keuangan dalam segala aspek sehingga dapat dilaporkan dan dipertanggung
Nilai-nilai : Taqwa – Disiplin – Jujur – Kreatif – Inovatif – Mandiri
Target:
SMK Negeri 1 Sidikalang mempunyai target dan goal kepada para lulusan untuk siap menghadapi tuntutan zaman baik yang meneruskan ke perguruan tinggi (kuliah), bekerja di berbagai bidang sesuai kebutuhan, memiliki karakter, dan mampu menciptakan pekerjaan sendiri sesuai dengan keahlian masing-masing (wirausaha).
- 60% tamatan terserap di Dunia Kerja (bekerja dan berwirausaha) dan 40% melanjutkan ke perguruan tinggi
- Menjadi Jurusan yang Menciptakan Peserta Didik siap kerja di dunia usaha dan dunia kerja
- Menjadi sekolah sehat dan berbudaya industri pada tahun 2024
1. BUDAYA KERJA HARIAN
- D : Dedikasi : Mengorbankan tenaga pikiran dan waktu untuk meraih sukses
- E : Efisiensi : Berdaya guna
- B : Bermartabat : Berpendirian teguh
- E : Exsistensi : Pengakuan dari orang lain bisa tampil
- T : Tangguh : Mampu dan berdayasaing
2. KARAKTER BUDAYA KERJA
Nilai utama karakter yang harus dimiliki siswa Akuntansi
- Religius
- Nasionalis
- Kemandirian
- Gotong royong
- Integritas
PENERAPAN BUDAYA KERJA PESERTA DIDIK PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI KEUANGAN DAN LEMBAGA
1.PENAMPILAN :
- Rambut ditata baik
- Laki-laki. : Rambut pendek 1-2 cm
- Perempuan : Rambut di sirkam
- Menggunakan make up sederhana ( perempuan )
- Menggunakan sepatu pantofel
- Rok untuk perempuan harus dibawah lutut
2. DISIPLIN :
- Datang tepat waktu
- Bekerja tepat waktu
- Pemberian Tugas tugas dengan tepat waktu
- Taat dan patuh pada aturan yang ditentukan bersama
3.KOMUNIKATIF
- Melakukan tegur sapa dilingkungan sekolah
- Melakukan English day setiap hari Sabtu
- Santun dalam berbicara dan menggunakan tata Bahasa
- Ramah tamah
5 KARAKTER KERJA PADA DIDUKA YANG PERLU DITANAMKAN PADA PESERTA DIDIK DIBIDANG PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI KEUANGAN DAN LEMBAGA
- Jujur
- Disiplin
- Kerja keras
- Teliti
- Bertanggung jawab
- Patuh pada pimpinan
1.Penetapan Konsentrasi
SMK Negeri 1 Sidikalang membukan 3 konsentrasi pada Program keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga, diantaranya
(1) Menyusun laporan keuangan,
(2) Spreadsheet
(3) Komputer akuntansi.
Penerapan ini dilakukan mengingat zaman sudah banyak mengalami perubahan dan pembaharuan. Program Merdeka Belajar yang diluncurkan oleh Kementerian Pendikan Nasional menuntut sekolah untuk melakukan perubahan, terobosan dan inovasi dalam pengorganisasian pelaksanaan pembelajaran agar dapat menciptakan peserta didik dan lulusan yang kompeten di bidangnya.Pemilihan konsentrasi didasarkan pada minat dan bakat atau passion peserta didik, setelah memiliki pengalaman belajar pada fase E (kelas X), sehingga peserta didik diharapkan benar-benar telah memahami secara mendalam ruang lingkup masing-masing konsentrasi yang akan dipilihnya.Sekolah melalui wali kelas, Guru produktif, dan Guru BK dapat memberikan saran kepada peserta didik atas pilihannya, berdasarkan dari pengamatan terhadap portofolio peserta didik selama mengikuti pembelajaran pada fase E (kelas X).Seluruh mata pelajaran yang ditawarkan dalam konsentrasi dikemas dalam bentuk Capaian Pembelajaran (CP) yang disusun oleh guru produktif. CP diterjemahkan ke dalam Alur Tujuan Pembelajaran, kemudian dituangkan dalam modul ajar. Capaian hasil pembelajaran dapat berupa portofolio sebagai bentuk dari assesmen.
2.Struktur Kurikulum Konsentrasi
MATA PELAJARAN |
KELAS | ||||||||
X | XI | ||||||||
1 | 2 | 1 | 2 | ||||||
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti: | 3 | 3 | 3 | 3 | |||||
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 | 2 | |||||
Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 3 | 3 | |||||
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 3 | 3 | 2 | 2 | |||||
Sejarah | 2 | 2 | 2 | 2 | |||||
Seni | 2 | 2 | – | – | |||||
Jumlah A | 16 | 16 | 12 | 12 | |||||
Matematika | 4 | 4 | 3 | 3 | |||||
Bahasa Inggris | 4 | 4 | 4 | 4 | |||||
Informatika | 4 | 4 | – | – | |||||
Proyek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial | 6 | 6 | – | – | |||||
Kejuruan | – | – | 18 | 18 | |||||
a. Dasar-dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga | 12 | 12 | – | – | |||||
b. Praktek akutansi perusahaan dagang/ manufakture | – | – | 6 | 6 | |||||
c. Akutansi Keuangan | – | – | 5 | 5 | |||||
d. Administrasi Pajak | – | – | 3 | 3 | |||||
e. Komputer Akutansi | – | – | – | – | |||||
f. Pratikum Akutansi Lembaga/ instansi Pemerintah | – | – | 4 | 4 | |||||
Proyek Kreatif dan Kewirausahaan | – | – | 5 | 5 | |||||
Praktik Kerja Lapangan | – | – | – | – | |||||
Mata Pelajaran Pilihan | – | – | 4 | 4 | |||||
Muatan Lokal | (2) | (2) | (2) | (2) | |||||
Jumlah B | 30 | 30 | 34 | 34 | |||||
Total | 46 | 46 | 46 | 46 |
MENGETAHUI,
KEPALA PRORAM PENDIDIKAN
JORE R. SINAMO,S.Pd
NIP.19711224 200604 2 004
RENCANA PROGRAM KERJA TAHUNAN KEPALA PROGRAM KEAHLIAN AKL
No | Uraian Kegiatan | Tujuan | Indikator | Pelaksana/ Penanggung Jawab | Waktu Pelaksanaan |
1. | Koordinasi dan konsultasi dengan Kepala Sekolah | Menyamakan persepsi | Adanya jadwal konsultasi | Kaprog | Juni 2023 |
2. | Rapat koordinasi dengan warga program keahlian | Menyusun struktur organisasi dan uraian tugas program keahlian | 1) Struktur organisasi
2) Uraian tugas |
Kaprog | Juli 2023 |
3. | Penerimaan peserta didik baru | Menerima peserta didik baru | Adanya:
1) SK Panitia PPDB 2) Kriteria PPDB 3) Formulir Pendaftaran |
1) Panitia PPDB
2) Kaprog 3) Waka Kesiswaan |
Juni 2023 |
4. | Melaksanakan pengenalan sekolah berbasis wawasan kebangsaan | Memperkenalkan sekolah kepada peserta didik baru | Laporan pelaksanaan | 1) Panitia PPDB
2) Waka Kesiswaan |
sda
|
5. | Rapat awal tahun | 1) Mengembangkan silabus
2) Mengadakan pemetaan kompetensi dasar dan pemanfaatan KKM 3) Administrasi guru 4) Membagi tugas mengajar guru |
1) Undangan rapat
2) Daftar hadir guru 3) Kalender Pendidikan 4) Penentuan KKN 5) RPP 6) Program PKL |
1) Sekolah
2) Waka Kurikulum 3) Kaprog |
Juli 2023 |
6. | Memeriksa kelengkapan administrasi guru | Mengetahui kesiapan mengajar setiap guru mapel | Adanya kelengkapan mengajar guru (silabus, dll) | 1) Waka Kurikulum
2) Kaprog 3) Guru Mapel |
Juli 2023 – Juni 2024 |
7. | Membantu kepala sekolah dalam pengawasan jalannya pembelajaran | Memiliki pembelajaran yang efektif dan efisien | Adanya:
1) RPP 2) Sistem penilaian |
1) Waka Kurikulum
2) Kaprog |
Juli 2023 – Juni 2024 |
8. | Menindaklanjuti MoU dengan IDUKA | Mengefektifkan peran IDUKA | Adanya:
1) MoU dengan IDUKA 2) Program tindak lanjut MoU |
1) Waka Hubinmas
2) Kaprog 3) Guru Produktif |
Juli 2023– Juni 2024 |
9. | Melaksanakan PKL | Memberikan pengalaman kerja kepada siswa di IDUKA | Adanya:
1) SK Pengurus/ Panitia PKL 2) Jurnal 3) Laporan pelaksanaan PKL 4) Sertifikasi |
1) Kepala Sekolah
2) Kaprog 3) Waka Hubinmas |
Januari 2023 |
10. | Melaksanakan lomba keterampilan siswa di sekolah | Menumbuhkan sikap kompetitif dan sportif | 1) Surat undangan
2) Daftar peserta 3) Daftar pembimbing 4) Hasil lomba 5) Seleksi peserta |
1) Waka Kesiswaan
2) Kaprog 3) Guru Produktif
|
|
11. | Melaporkan hasil evaluasi belajar | Menumbuhkan akuntabilitas sekolah | Adanya:
1) Buku Raport 2) KHS |
1) Kaprog
2) Guru Mapel |
Desember 2023 |
12. | Mendata penelurusan lulusan | Mengevaluasi kompetensi manajerial | Adanya:
1) SK tim penelusuran lulusan 2) Data penelurusan lulusan |
1) BKK
2) Kaprog |
Juli 2023 – Juni 2024 |
13. | Melaksanakan pembinaan olimpiade / LKS | Mengaktifkan pelaksanaan olimpiade/LKS | Adanya hasil mengikuti olimpiade/ LKS | 1)kaprog
2) guru produktif |
Juli 2023- Juni 2024 |
MUATAN PEMINAT KEJURUAN
Kelas | ||||||
X | XI | XII | ||||
1 | 2 | 1 | 2 | 1 | 2 | |
C1: Dasar Bidang Keahlian | ||||||
a. Simulasi dan komunikasi digital | 3 | 3 | – | – | – | – |
b. Ekonomi bisnis | 2 | 2 | – | – | – | – |
c. Administrasi umum | 2 | 2 | – | – | – | – |
d. IPA | 2 | 2 | – | – | – | – |
C2: Dasar Program Keahlian | ||||||
a. Etika Profesi | 2 | 24 | – | – | – | – |
b. Aplikasi Pengolah Angka/ Speadsheet | 3 | 3 | – | – | – | – |
c. Akuntan Dasar | 5 | 5 | – | – | – | – |
d. Perbankan Dasar | 3 | 3 | – | – | – | – |
C3: | ||||||
a. Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa Dagang dan Manufaktur | – | – | 6 | 6 | 7 | 7 |
b. Praktikum Akuntansi Lembaga/ Instansi Pemerintah | – | – | 4 | 4 | 4 | 4 |
c. Akuntansi Keuangan | – | – | 6 | 6 | 6 | 6 |
d. Komputer Akuntansi | – | – | 5 | 5 | 5 | 5 |
e. Administrasi Pajak | – | – | 3 | 3 | 3 | 3 |
f. Produk Kreatif dan Kewirausahaan | 7 | 7 | 8 | 8 | ||
JUMLAH C | 22 | 22 | 31 | 31 | 33 | 33 |
MENGETAHUI,
KEPALA PRORAM PENDIDIKAN
JORE R. SINAMO,S.Pd
NIP.19711224 200604 2 004